Home >> Informasi >> Spotlight
Spotlight

10 Februari 20140
Rapat Pembahasan Rancangan Awal RKPD Tahun 2015
Penulis :

Bappeda Provinsi Jawa Barat kembali mengadakan rapat mengenai pembahasan rancangan awal RKPD Tahun 2015 pada hari Senin (10/2). Bertempat di ruang Sidang  Bidang Ekonomi pada pukul 09.00 WIB. Rapat dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEAselaku pemimpin rapat, kepala bidang, kepala sub-bidang, dan tim penyusun RKPD tahun 2015.

Agenda rapat kali ini membahas Persiapan Pelaksanaan Pra Musrenbang Provinsi Jawa Barat Tahun 2014 untuk perencanaan Tahun 2015. Mengacu pada usulan rapat sebelumnya, pelaksanaan Musrenbang kewilayahan harus memiliki penanggungjawab yang mengawal berlangsungnya Musrenbang dengan tugas khusus yakni menyiapkan bahan kebijakan provinsi untuk kabupaten/kota. Beberapa delegasi telah ditetapkan sebelum rapat dimulai.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat mengharapkan bahwa delegasi tadi akan menjadi promotor dalam Musrenbang nanti serta pandai dalam memprediksi isu-isu yang akan terjadi di Tahun 2015. Isu-Isu yang dikaji oleh setiap bidang kemudian disandingkan dengan wilayah yang bersangkutan guna mendapatkan kesimpulan atas isu yang paling dominan di Jawa Barat. Sehingga Bappeda Provinsi Jawa Barat menjalankan perencanaan pembangunan berdasarkan fakta di lapangan dan bukan hanya usulan dari dinas. 

Selain itu diputuskan tugas-tugas delegasi dengan rinci, diantaranya yaitu: (1) Menyusun substanti kabupaten/kota berdasarkan kewilayahan untuk bahan Musrenbang kabupaten/kota, Pra Musrenbang, dan Musrenbang Provinsi Tahun 2014 untuk perencanaan pembangunan Tahun 2015; (2) Menjadi Liaison Officer penyelenggaraan Musrenbang Wilayah; (3) Memandu Sinkronisasi dan Sinergi perencanaan kegiatan tematik kewilayahan, serta harmonisasi kebijakan pembangunan provinsi Tahun 2015 dengan kabupaten/kota; (4) Membuat laporan singkat kepada pimpinan atas hasil pelaksanaan tugas penyelenggaraan Musrenbang kewilayahan beserta dokumen yang diperlukan; (5) Segala biaya yang diperlukan untuk kegiatan ini dibebankan kepada kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat.

Pembahasan selanjutnya adalah membuat format dan agenda acara Musrenbang yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 April 2014. Rapat ini baru membahas acara Musrenbang dalam dua hari. Agenda untuk hari pertama adalah harmonisasi dan sinkronisasi hasil Musrenbang wilayah dengan format quadrilateral meeting. Sedangkan agenda untuk hari kedua adalah acara puncak Musrenbang Provinsi Jawa Barat dengan format sidang pleno. 


Spotlight Lainnya

 1 2 3 >  Last ›